لا يكلف الله نفسا إلاوسعها

Senin, 18 April 2011

Ardiyanto Pranata


Jl. Magelang Km 5,8 Sleman INDONESIA
telp: +62-274-562777
Seni dan batik tidak bisa dilepakan dari diri seorang Ardiyanto. Ardiyanto Pranata  nama lengkapnya, adalah seorang seniman lukis, batik dan perancang busana. Laki-laki yang sudah menginjak umur 61 tahun ini telah berjasa dalam bidang seni dan batik atau juga seni batik yang mulai memudar di Indonesia ini.
Pendidikan terakhir beliau adalah S3 Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, selain itu juga pernah mengikuti Kursus Ikebana di Yogyakarta (1966-1969), Graphic Design Training di Amsterdam (1992), Workshop Batik on Wool di Yogyakarta (1997), Printmaking Workshop di Darwin (Australia) tahun 1997&1998.
Kecintaannnya atas batik membuat dia tergerak mendirikan perusahaan PT Ardiyanto Wijayakusuma Batik Yogyakarta tahun 1972. Dengan galeri ini, sejak tahun 1972 sampai sekarang sering mengunjungi berbagai pameran baik di dalam maupun di luar negeri. Dari perjanalanannya itu dia selalu belajar dari orang yang berpotensi, lalu meresapkannya sehingga menimbulkan inspirasi untuk membuat sesuatu yang lain dan baru. Dia menyadari bahwa mengembangkan batik adalah suatu tanggung jawab karena batik sendiri sudah mulai ditinggalkan.
Dia pernah memperoleh anugerah seni dari Gubernur DI Yogyakarta tahun 1999 dan UPAKARTI dari pemerintah RI tahun 1992. Disamping mengembangkan batik, dia juga melukis; menjadi juri dalam berbagai kontes khusunya dalam hal batik; pembicara atau pelaku workshop; konsultan seni dan dekorasi, untuk konferensi internasional tentang seni dan pariwisata; perancang busana; dan dosen di ISI Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar