لا يكلف الله نفسا إلاوسعها

Jumat, 19 Oktober 2012

PEDOMAN PENYUSUNAN KARYA TULIS MTS NURUL HUDA 2011









Pedoman
Penyusunan




KARYA TULIS
MTs NURUL HUDA
Jl. Kauman No. 01 Tlogorejo
Kec. Tegowanu Kab. Grobogan 58165
Phone. 0828-2790400
e-mail :  HYPERLINK "mailto:mtsnurulhuda742@gmail.com" mtsnurulhuda742@gmail.com
            Tim Penyusun






KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang Maha Pengasih dan Penyayang, atas limpahan rahmat dan karuniaNya buku Pedoman Penyusunan Karya Tulis ini dapat dihadirkan ke hadapan pembaca.
Sebuah upaya sederhana untuk melestarikan dan menstandarkan sesuatu yang sudah menjadi tradisi setiap tahun di MTs Nurul Huda Tlogorejo. Orang bilang melestarikan lebih sulit daripada memulai, kami pikir tidak berlebihan pandangan seperti itu, karena dalam melestarikan selalu ada dua hal yang tidak termaktub dalam peraturan atau perundangan manapun, namun sudah merupakan konvensi publik. Tanpa dua hal tadi tidak ada pelestarian kecuali hanya sebuah pengulangan atau cetak ulang belaka.
Sesuai dengan judulnya, buku ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi para peserta didik MTs Nurul Huda Tlogorejo dalam merancang, menyusun dan penulisan Karya Tulis , disamping sebagai sarana untuk penyeragaman dalam penulisan Karya Tulis.
Kami yakin buku Pedoman Penyusunan Karya Tulis ini belum bisa memenuhi apa yang menjadi harapan bersama, karenanya kami mengharap kritik dan saran pembaca untuk koreksi pada masa selanjutnya.
Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terselesaikannya penerbitan buku ini. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Tim Penyusun


SAMBUTAN
KEPALA MADRASAH
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah, seraya dengan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT dan menyampaikan ucapan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW buku Pedoman Penyusunan Karya Tulis MTs Nurul Huda Tlogorejo dapat diterbitkan.
Sebagai sebuah pedoman, buku ini selayaknya menjadi rujukan peserta didik dalam proses penulisan maupun pembimbingan Karya Tulis. Oleh karenanya, peserta didik dituntut mampu berkomunikasi dengan para pembimbing dalam mencermati makna pedoman ini. Demikian juga sebaliknya, pembimbing diharapkan dapat memberikan arahan dan bimbingan dengan memberikan pemahaman yang cukup terhadap pedoman ini, dengan tetap menghargai kebebasan pemahaman dan pengetahuan peserta didik.
Melalui pengantar ini, Kepala Madrasan dan warga MTs Nurul Huda Tlogorejo memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya pada Tim Penyusun yang telah bekerja keras untuk mengakomodasi keragaman ide yang berkembang dari para Tim Penyusun sehingga terwujud buku pedoman penyusunan Karya Tulis ini. Semoga jerih payah ini bermanfaat bagi upaya pengembangan ilmu pengetahuan serta peningkatan kualitas intelektualitas di MTs Nurul Huda Tlogorejo.
Akhirnya, hanya kepada Allah SWT ikhtiar ini kembali dan kepada para pembaca diharapkan memberi masukan dan kritik membangun untuk perbaikan selanjutnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Tlogorejo,    Januari 2012
Kepala Madrasah,
Hasan Alifi, S.Ag
NIP. ---






















LEMBAR KONSULTASI DAN BIMBINGAN KARYA TULIS
MTs NURUL HUDA TLOGOREJO
TEGOWANU GROBOGAN
Nama               : ………………………………………………………………………………
NIM                : ………………………………………………………………………………
NISN              : ………………………………………………………………………………
Pembimbing    : ………………………………………………………………………………
Judul Karya Tulis        : ………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
NO.HARI/TGLMATERI BIMBINGANTTD PEMBIMBING




































       I.            Ketentuan Umum
1.      Karya Tulis adalah hasil laporan kunjungan ke suatu objek untuk memperdalam ilmu pengetahuan yang ditulis peserta didik dalam rangka memenuhi salah satu tugas dan syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN).
2.      Tema Karya Tulis diangkat dari objek wisata yang telah ditentukan sesuai dengan kelompok rihlah ilmiah.

    II.            Tata Cara Penulisan

1.      Penulisan Karya Tulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar mengacu pada pedoman umum Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
1.Penulisan istilah yang berasal dari bahasa asing, daerah, dan rumus matematis, ditulis miring (italic).
2.      Untuk menghindari subjektivitas, penulisan Karya Tulis tidak diperbolehkan menggunakan kata ganti saya, aku, kami, atau kita kecuali kata pengantar, atau dapat disusun dalam bentuk kalimat pasif.
3.      Penulisan ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits sesuai dengan aslinya, memperhatikan tanda baca yang tertera, disertai syakal-nya serta menyebutkan nama surat dan nomor ayat untuk teks Al-Qur’an dan menyebutkan sanad, matan dan rawi untuk teks Al-Hadits.
 III.            Bentuk dan Format Penulisan
1.      Naskah Karya Tulis diketik menggunakan jenis huruf standar, yakni Times New Roman berukuran 12 point, kecuali judul Karya Tulis dengan huruf kapital berukuran 16 point dicetak tebal.
2.      Panjang Karya Tulis minimal 25 lembar, mulai dari BAB I sampai dengan Daftar Pustaka.
3.      Kertas yang digunakan untuk penulisan Karya Tulis adalah kertas A4 / kwarto (21,5 x 29,7 cm).
4.      Batas pengetikan (margin) : atas dan kiri 4 cm, kanan dan bawah 3 cm, header 2 cm, dan footer 1,5 cm.
4.Setiap satu lembar kertas kwarto hanya digunakan satu halaman saja (tidak bolak-bailk), diketik dengan 2 spasi.
5.      Alinea baru dimulai pada ketukan ketujuh dari margin kiri.
6.      Halaman judul, persetujuan, pengesahan, motto dan persembahan, kata pengantar, dan daftar isi diberi nomor romawi kecil (i, ii, iii, iv, dst) dan diletakkan di bawah di tengah halaman.
7.      Halaman Karya Tulis diberi nomor urut dengan angka 1, 2, 3, dst dan diletakkan di kanan atas halaman, kecuali halaman yang ada babnya, nomor halaman diletakkan di bawah di tengah halaman.
8.      Daftar pustaka ditempatkan di akhir Karya Tulis dengan jarak satu (1) spasi dan tidak menggunakan nomor urut. Sedangkan jarak antara dua sumber pustaka satu setengah spasi (1.5).
9.      Daftar Pustaka ditulis dengan urutan : nama pengarang (nama kedua), koma, nama lengkap (tanpa gelar), koma, judul buku (italic), koma, jilid/volume, koma, tempat penerbitan, titik dua, nama penerbit, koma, tahun penerbitan, koma, nomor cetakan.
10.  Daftar pustaka minimal menggunakan 3 (tiga) buku referensi.
11.  Penulisan nama pengarang disusun secara alfabetik.
12.  Penguji, Jadwal Ujian, dan Pengumpulan Karya Tulis :
·         Penguji dan jadwal ujian Karya Tulis dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh MTs Nurul Huda Tlogorejo.
·         Karya Tulis yang telah diujikan dan telah mendapatkan tanda tangan Pembimbing dan Penguji dijilid dengan cover warna hijau dan diserahkan ke Tata Usaha sebanyak 2 (dua) eksemplar.
·         Penilaian Ujian Karya Tulis
·Penilaian masing-masing penguji diberikan terhadap keseluruhan komponen jawaban dan konsistensinya sejak awal hingga akhir ujian.
·Penilaian ujian Karya Tulis meliputi : kemampuan jawaban 60%, bobot isi 25%, dan format atau tata tulis dan bahasa 15%.
·         Ujian Karya Tulis Ulangan
·Karya Tulis tidak sesuai dengan aturan-aturan yang telah disebutkan di atas.
·         Peserta didik yang gagal diberi kesempatan ujian ulangan sebanyak-banyaknya 2 (dua) kali.
·         Ujian Karya Tulis ulangan dilaksanakan setelah peserta didik yang bersangkutan telah merevisi minimal 7 (tujuh) hari setelah ujian utama.
·         Sanksi
·Jika sampai batas waktu yang telah ditentukan peserta didik tidak mengumpulkan karya tulis, maka peserta didik tetap diwajibkan mengumpulkan Karya Tulis yang telah diujikan dan ditambah 2 (dua) buku bacaan dengan judul bebas.
·
13.  Penguji Karya Tulis adalah pendidik/guru di lingkungan MTs Nurul Huda Tlogorejo.
13.





































Contoh Riwayat Hidup Penulis
DAFTAR RIWAYAT HIDUP

LinaLINA MAWADDAH, lahir di Grobogan, 1 Januari 1990. Setelah menamatkan Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita, Tlogorejo, Tegowanu pada tahun 1996, ia melanjutkan pendidikan pada Sekolah Dasar 3 Tlogorejo, Tegowanu dan tamat pada tahun 2002. Setelah itu pendidikannya dilanjutkan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Tlogorejo, Tegowanu pada tahun 2005.
Pada tahun pelajaran 2002/2003 ia masuk ke dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MTs Nurul Huda Tlogorejo, Tegowanu dengan jabatan sebagai Bendahara. Selanjutnya pada tahun pelajaran 2003/2004 pada madrasah yang sama ia terpilih lagi menjadi anggota OSIS dengan jabatan Sekretaris.
Dst …





























Contoh Daftar Pustaka
DAFTAR PUSTAKA




Abu Daud, Imam, Ikhtisar Sunan Abu Daud, Semarang: Toha Putra, 1985.
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Solo: Qomari Prima Publisher, 2007.
Imam Nawawi, M., 300 Hadits Bekal Da'wah, Kudus: Menara Pelajar, 1980.
Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.





















Contoh Sistematika Penulisan
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERSETUJUAN
HALAMAN PENGESAHAN
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Perumusan Masalah
Tujuan dan Manfaat Penulisan
Pembatasan Masalah
Metode Penulisan
Sistematika Penulisan
BAB II            PEMBAHASAN
Silsilah Sunan
Asal-usul
Metode Dakwah
Karomah
Karya-karya
Jasa-jasa
Tempat Pemakaman
BAB III          KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR RIWAYAT PENULIS

























Contoh Kata Pengantar
KATA PENGANTAR
Syukur alhamdulillah senantiasa penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayahNya, sehingga Karya Tulis yang berjudul "MENGENAL OBYEK WISATA PANTAI TANJUNG KODOK LAMONGAN" ini dapat kami selesaikan untuk memenuhi tugas dan melengkapi syarat guna mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2011/2012.
Laporan Karya Tulis ini dapat tersusun berkat bantuan dari berbagai pihak dan pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada :
Bapak Hasan Alifi, S.Ag, selaku Kepala MTs Nurul Huda Tlogorejo.
Bapak M. Akhtar Adila, S.Ag, selaku guru pembimbing Karya Tulis.
Bapak M. Akhsanu Amala, S.H.I, selaku Wali Kelas III A.
Bapak/Ibu guru MTs Nurul Huda Tlogorejo.
Ayah, ibu, kakak, dan adikku tercinta.
Teman-temanku semuanya.
dst …
Mengingat keterbatasan pengetahuan penulis, maka kami menyadari laporan Karya Tulis ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharap dengan sangat atas saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan Karya Tulis ini.
Harapan penulis semoga Karya Tulis ini bermanfaat dan sekaligus sebagai penghormatan dalam makna hidup kita selaku insan kepada kholiqnya. Amin.


Tlogorejo,   Februari 2012
Penulis,
M. Rifqy Adila
NIS. 1901
























Contoh Halaman Motto dan Persembaan
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
Ilmu yang tiada diamalkan adalah kosong, pekerjaan tiada diselesaikan adalah sia-sia.
Cintailah Allah SWT dan Ia akan tinggal denganmu.
dst …
PERSEMBAHAN
Karya Tulis ini akan kami persembahkan kepada:
Bapak Hasan Alifi, S.Ag, selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Tlogorejo.
Bapak M. Akhtar Adila, S.Ag, selaku guru pembimbing Karya Tulis.
Bapak M. Akhsanu Amala, S.H.I, selaku Wali Kelas III A MTs Nurul Huda Tlogorejo.
Ayah dan ibuku tercinta.
Kakak dan adikku tersayang
dll …

































Contoh Halaman Judul
MENGENAL OBYEK WISATA
PANTAI TANJUNG KODOK LAMONGAN
KARYA TULIS
Diajukan untuk Memenuhi Tugas dan Melengkapi Syarat
Guna Mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN)
dan Ujian Nasional (UN)
Tahun Pelajaran 2011/2012
Oleh                : M. RIFQY ADILA
NIS                 : 1901
NISN              : 9938414234
MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
"NURUL HUDA"
TLOGOREJO TEGOWANU GROBOGAN
TAHUN 2012

























Contoh Halaman Persetujuan
HALAMAN PERSETUJUAN
Karya Tulis ini dengan judul "MENGENAL OBYEK WISATA PANTAI TANJUNG KODOK LAMONGAN" telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing pada :
            Hari                 :
            Tanggal           :         Februari 2012
Tlogorejo,      Februari 2012
Guru Pembimbing,
M. Akhtar Adila, S.Ag
Nip. --






























Contoh Halaman Pengesahan
HALAMAN PENGESAHAN
Karya Tulis ini dengan judul "MENGENAL OBYEK WISATA PANTAI TANJUNG KODOK LAMONGAN" telah disetujui oleh pembimbing dan disahkan oleh Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Tlogorejo pada :
Hari                 :
Tanggal           :         Februari 2012
Tlogorejo,  Februari 2012
Guru Penguji,                                                                                           Guru Pembimbing,

…………………………………                                                            M. Akhtar Adila, S.Ag
NIP. --                                                                                                     NIP. –


Mengetahui,
Kepala Madrasah Tsanawiyah
NURUL HUDA TLOGOREJO
Hasan Alifi, S.Ag
NIP. –

Tidak ada komentar:

Posting Komentar